Rabu, 03 Agustus 2011

Karena Ramadhan Bukan Melulu Soal Ngaji


-Bunda, teramat kuat dzikir melekat dalam pikirmu. Tiada nafas yang sia bagi dirimu karena keyakinanmu Sang Malaikat Maut jumpaimu tanpa permisi.-

Dulu, kata Ummi saya ketika SMP : "Kalau Ramadhan ngajinya dimaksimalin, kalau bisa kegiatan lainnya yang kurang penting dikurangi." Dan saya pun saklek menerima titah Ummi saya. Kalau Ramadhan, seakan saya terkungkung dengan hal berbau baca qur'an saja, soal kegiatan yang lain sedikit saya singkirkan, bahkan tak jarang saya memandang sebelah mata.
"Apa sih kaya gitu, mending ngaji dong. Kan Ramadhan sahrul qur'an.." batin saya gitu kalau liat ada acara macam kajian atau apalah namanya itu.
Walau saya tahu, ustadz-ustadz yang saya datangi kajiannya sebelum Ramadhan selalu bilang, "Banyaklah berbuat amal kebaikan di bulan Ramadhan karena pahalnya dilipatgandakan, tapi jangan lupa untuk egoisme terhadap diri sendiri, meluangkan waktu untuk bercinta dengan Allah."
Selalu begitu tarhib Ramadhan dari tahun ke tahun. Tak bosan dan tak lelah para ustadz dan ustadzah juga teman-teman saya mengingatkan hal itu. Namun, jujur jauh di lubuk hati saya yang masih kecantol adalah titah Ummi saya bahwa Ramadhan adalah baca qur'an saja.

Hingga suatu siang ke-4 bulan Ramadhan 1432 H...
"Dimana Azka?" itu suara Ummi saya.
"Di Jogja, Mi.."
"Gimana ngajinya? Udah khatam belum?"
"Belum sih, Mi. Ummi gimana kabarnya?"
"Alhamdulillah sehat. Walau banyak aktivitas tapi ngaji tetep maksimal." Seperti biasa, Ummi saya selalu semangat, pun suaranya. Aih, jadi malu saya kalau ketahuan males.
"Ummi banyak kegiatan ya?" retoris, ya iyalah Ummi pasti sibuk ibadah kalau Ramadhan gini.
"Iya alhamdulillah. Azka gimana, sibuknya siang apa sore?"
"Kadang sore ngajar Mi, siang juga sih. Mi, katanya Ramadhan suruh ngaji aja.." saya jadi inget kata-kata Ummi jaman pekak baheula dulu.
"Ya mau gimana lagi, Ummi banyak kegiatan sekarang. Bulan Ramadhan tuh dimaksimalin kegiatannya, tapi ngaji juga tetep maksimal." jawab Ummi saya yang aktivis ngaji.
"Ohh gitu..." dalam hati, seakan-akan tabir titah yang dulu terbuka. Siiinggg... Kegelapan yang dulu seakan terbuka. Hha, alay nih saya.
"Yang harus kita inget tuh, kita harus siap mati bukan terpaksa mati." lanjut Ummi saya.
"Iya..." walau jujur saya agak merinding juga.
"Jaga diri baik-baik ya Azka. Ingat Allah selalu mengawasi." Nice advice, Mom. Thanks..

Huff, jadi gitu ya. Kalau Ummi yang ngomong kaya mantep gitu. Deuuu saya alasan aja neh buat ga nerima kebenaran. Astaghfirullah deh.
Karena Ramadhan bulan cinta, jangan kotorinya dengan pikiran yang menjauhkan hakikatnya. Makasih Ummi.

Salam cinta dari anandamu tersayang... :)

1 komentar: